WhatsApp: +62 821-1555-5456

Tingkatkan Semangat menjadi Guru Konten Kreator melalui Unjuk Kreativitas Guru PAUD dan Dikmas

Menjaring berbagai praktik baik dari para guru PAUD dan Dikmas melalui konten kreatif

1 Maret 2024

GuruPAUDDikmas, Jakarta – Unjuk Kreativitas Guru PAUD dan Dikmas bertujuan untuk menjaring berbagai praktik baik dari para guru PAUD dan Dikmas melalui konten kreatif. Melalui Unjuk Kreativitas ini, guru PAUD dan Dikmas diminta untuk berbagi praktik baik melalui konten video berdurasi 1-2 menit dengan tema yang telah ditentukan yang kemudian diunggah di akun Instagram masing-masing dengan menandai akun Instagram @gurupauddikmas.

Sesuai dengan janji yang diinformasikan saat pengumuman informasi seleksi, 10 peserta terbaik telah terpilih akan diundang untuk hadir di Jakarta. Hal ini terealisasi pada tanggal 27 Februari – 1 Maret 2024. Peserta terbaik Unjuk Kreativitas Guru PAUD dan Dikmas berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Pada pembukaan acara, peserta diberikan kesempatan sharing session bersama Direktur Guru PAUD dan Dikmas, Santi Ambarrukmi.

Santi merasa sangat senang bisa bertemu dengan guru-guru PAUD dan Dikmas yang kreatif. Santi berharap para guru kreatif ini bisa menjadi mitra direktorat dalam menyebarluaskan berbagai konten kebijakan maupun program Direktorat Guru PAUD dan Dikmas. “Kita memang tidak memberikan hadiah dalam bentuk materi. Namun, kita berikan hadiah berupa ilmu-ilmu yang tentunya akan sangat berguna sebagai bekal bagi para guru PAUD untuk meningkatkan kreativitas, terutama sebagai guru konten kreator”, ungkap Santi.

Seperti yang diungkapkan oleh Santi, selama beberapa hari di Jakarta, para peserta terbaik ini beruntung sekali bisa memperoleh ilmu terkait Penulisan Artikel Ilmiah Populer dan Membuat Konten Video Kreatif. Muhammad Alimka, narasumber Penulisan Artikel Ilmiah Populer merupakan Duta Teknologi Kemendikbudristek yang sudah memiliki banyak prestasi dan juga pengalaman dalam menulis. Narasumber lain, Khamidah, yang berbagi ilmu terkait Pembuatan Konten Video Kreatif merupakan jebolan Guru Konten Kreator Kemendikbudristek yang juga memiliki banyak penghargaan di bidang konten kreator dan tentunya sudah memiliki ratusan ribu pengikut di Instagram.

Seluruh peserta terbaik Unjuk Kreativitas sangat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. Beberapa peserta yang awalnya serius menyiapkan konten hanya untuk mengikuti seleksi Unjuk Kreativitas Guru PAUD dan Dikmas, menjadi sangat bersemangat untuk menjadi seorang penulis dan juga konten kreator setelah mendengarkan berbagai keuntungan yang disampaikan oleh narasumber.

“Saya bersyukur sekali mendapatkan kesempatan ini dari Direktorat Guru PAUD dan Dikmas. Ini kali pertama saya naik pesawat dan datang ke Jakarta”, ungkap Makhroja, salah satu peserta terbaik Unjuk Kreativitas Guru PAUD dan Dikmas. Ruang yang mempertemukan para guru PAUD dan Dikmas dari berbagai daerah ini, menumbuhkan semangat peserta untuk saling mendukung dalam menyiapkan konten-konten praktik baik yang telah dilakukan. Arum Puspita Sari, salah satu peserta terbaik Unjuk Kreativitas menyampaikan “Kami sangat siap untuk berkolaborasi dengan Direktorat Guru PAUD dan Dikmas dalam menyiapkan konten-konten praktik baik agar bisa menjadi inspirasi bagi guru PAUD dan Dikmas di seluruh Indonesia”. (Cinthya Kamil)

Baca artikel lainnya:

Kembali ke Daftar Artikel