WhatsApp: +62 821-1555-5456

Mengenal Indonesia melalui Kolase Kain Batik

“Melalui kegiatan mengenalkan kain batik, diharapkan dapat menambah kecintaan peserta didik terhadap Tanah Airnya.”

21 Mei 2024 27 Mei 2024

GuruPAUDDikmas, Serang – Mengenal kekayaan Tanah Air sejatinya harus ditanamkan sedari dini. Pada pendidikan anak usia dini misalnya, saya tanamkan melalui praktik baik bertema “Negaraku” di lingkungan PAUD Bunda Karin, Kampung Turus, Desa Cilayang Guha, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten.

Pada kesempatan tersebut, saya menyusun kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan nama pulau-pulau besar yang ada di Indonesia. Cara ini kami lakukan melalui kegiatan menghitung pulau-pulau besar yang ada di Indonesia (sebagai fondasi literasi numerasi), serta mengenalkan kain batik khas Indonesia.
Pertama-tama, saya menyiapkan peta Indonesia dan kain batik untuk diperlihatkan kepada peserta didik. Kemudian saya bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka kepada peserta didik guna memancing ketertarikan mereka.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan menyiapkan bekas kalender yang sudah tidak terpakai, lem, gunting, dan kain batik. Setelah itu, menggambar bentuk pulau-pulau di Indonesia di kalender bekas. Kemudian peserta didik terlibat dalam kegiatan tersebut dengan menggunting kain-kain batik menjadi potongan-potongan kecil, lalu menempelkannya di bagian pulau Indonesia yang sudah digambar.
Dalam kegiatan kali ini, peserta didik diharapkan dapat mengasah motorik halusnya (dengan menggunting dan menempel), mengasah sosial emosional mereka (dengan berbagi dan sabar dalam menyelesaikan kegiatan), serta menghargai dan cinta negara sendiri (dengan mengenal pulau yang ada di Indonesia dan kain khas Indonesia). Semoga bermanfaat dan menginspirasi! (Sekar Nurlan Farida, Paud Bunda Karin)

Baca artikel lainnya:

Kembali ke Daftar Artikel