WhatsApp: +62 821-1555-5456

Yang Bersiap Padamkan Stunting

“Tak hanya menjadi pelatih, para duta siap bergerak turunkan angka stunting di daerah masing-masing.”

17 Oktober 2024

GuruPAUDDikmas, Ambon – Usai mengikuti pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung program percepatan penurunan stunting pada 23-28 September 2024, para peserta “Bimbingan Teknis Calon Pelatih (BCP) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Program Percepatan Penurunan Stunting” siap terjun ke lapangan guna mempercepat penurunan stunting di masing-masing wilayahnya. Kegiatan pembekalan tersebut diakhiri dengan sesi microteaching.

Microteaching itu bertujuan untuk melatih calon pelatih dalam menyampaikan materi pelatihan secara efektif dan efisien. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok, dan setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk mempraktikkan teknik mengajar di depan kelompoknya. Sesi tersebut diadakan untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan selama pelatihan, serta kemampuan mereka dalam menyampaikannya di lapangan.

Pada penutupan kegiatan tersebut, Isniyati Sulistiani menekankan pentingnya peran Direktorat Guru PAUD dan Dikmas dalam mempersiapkan GTK PAUD sebagai pelatih dalam “Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Program Percepatan Penurunan Stunting” di kabupaten/kota yang menjadi lokus stunting. "Mereka digodok, diolah, dan dibentuk dengan tujuan agar siap menjadi pelatih yang kompeten dalam upaya percepatan penurunan stunting," ujarnya.

Lebih lanjut, Isniyati menyatakan bahwa para peserta kini telah resmi menjadi duta penurunan stunting di daerah masing-masing. Dia berharap para peserta tidak hanya memahami materi Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang sensitif terhadap isu gizi, tetapi juga mampu mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama pelatihan untuk menekan angka stunting di wilayah kerja mereka.

"Kami berharap Anda semua dapat pulang dengan semangat baru, siap untuk membawa perubahan yang nyata dan menjadi agen penting dalam penurunan stunting. Ilmu yang Anda dapatkan di sini adalah modal besar untuk menghadapi tantangan di lapangan," tambah Isniyati.

Dengan selesainya kegiatan tersebut, para peserta diharapkan mampu menjalankan perannya sebagai pelatih yang berkompeten. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat membantu daerahnya dalam percepatan penurunan stunting, serta mengaplikasikan strategi-strategi yang telah dipelajari selama pelatihan. (Fahmi Basyar)

Baca artikel lainnya:

Kembali ke Daftar Artikel