WhatsApp: +62 821-1555-5456

Cegah Stunting di Bumi Cendrawasih

“Melalui ragam pelatihan, diharapkan peran guru menyebarkan informasi penurunan stunting di masyarakat semakin meningkat.”

17 Oktober 2024

GuruPAUDDikmas, Jayapura – “Program Bimbingan Teknis Calon Pelatih (BCP) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk Percepatan Penurunan Stunting Angkatan IV Tahun 2024 resmi dimulai di Kota Jayapura, Papua (7/10). Kegiatan tersebut dihadiri 79 guru dari berbagai kabupaten di Papua dan Maluku Utara, yaitu Kabupaten Halmahera Utara, Biak Numfor, Dogiyai, Keerom, Mamberamo Raya, Waropen, Maybrat, Nduga, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Yalimo, Asmat, Boven Digoel, Deiyai, dan Nabire.

Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Papua, Fatkurohmah, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran guru dalam menyebarkan informasi terkait penurunan stunting di masyarakat. “Setelah Bapak dan Ibu mendapatkan pelatihan ini, diharapkan Bapak/Ibu dapat menyebarkan informasi ini kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Semakin banyak yang peduli dan bertanggung jawab, dimulai dari keluarga, untuk menjaga kesejahteraan dan kesehatan anak-anak mereka,” ujarmya.
Program tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para guru tentang pentingnya penanganan stunting sejak dini. Melalui kegiatan itu, diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian pelatihan dengan baik dan berhasil lulus, yang akan dibuktikan dengan pemberian sertifikat kelulusan.

Selain itu, BGP Provinsi Papua juga siap untuk menyelenggarakan pelatihan serupa di angkatan berikutnya bagi guru-guru yang belum sempat mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung percepatan penurunan stunting melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan upaya penurunan stunting di wilayah Papua dan Maluku Utara dapat berjalan lebih efektif. Selain itu, masyarakat yang terlibat secara aktif dalam menjaga kesehatan generasi penerus juga kian meningkat. (Fahmi Basyar)

Baca artikel lainnya:

Kembali ke Daftar Artikel