Teacher PAUD HI Wannabe

Spread the love

Teacher PAUD HI Wannabe

Nurdaniati, M.Pd SPS Anggrek 1 Bontang Kaltim

Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI) yang saat ini sedang digaungkan adalah tanggung jawab kita bersama, siapapun yang terlibat dan punya kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini. Bagaimana memberikan layanan PAUD yang holistic dan integrative sejatinya harus sudah dilakukan oleh setiap layanan PAUD yang ada, meskipun pada kenyatannya masih sedikit satuan yang menyelenggarakan PAUD dengan berprinsip pada penyelenggaraan PAUD HI.

Hal ini terjadi karena adanya missed conception terkait apa itu layanan PAUD HI, kebanyakan masih beranggapan bahwa layanan PAUD HI hanya sebatas fasilitas yang lengkap atau koneksi yang luas antar penyelenggara PAUD dengan pihak luar yang ikut dilibatkan, sehingga menjadi alasan tersendiri bagi satuan PAUD yang merasa minim fasilitas dan koneksi untuk dapat menyelenggarakan PAUD HI secara optimal. Kenyataannya, PAUD HI yang sesungguhnya bukan dari seperti apa fasilitas atau sarpras yang dimiliki, melainkan sejauh mana SDM yang ada dapat mengoptimalkan diri untuk menyelenggarakan PAUD HI.

Sumber daya manusia yang terlibat dalam penyelenggaran PAUD lah yang harus dioptimalkan untuk mensukseskan penyelenggaraan PAUD HI. Namun faktanya, belum semua guru memahami bahwa tugas utama seorang guru PAUD bukan hanya memberikan rangsangan pendidikan tapi juga memberikan perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan dalam rangka pemenuhan 5 kebutuhan esensial anak usia dini. Sehingga menjadi tugas kita bersama untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh sekaligus memenuhi kompetensi guru PAUD agar benar-benar dapat memberikan layanan yang holistik integratif bagi peserta didiknya.

Pelaksanaan PAUD HI ini nantinya tentu saja akan melibatkan pihak atau unsur terkait lain untuk terlibat di dalamnya, namun yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah guru atau tenaga pendidiknya. Perlu adanya pemetaan yang tepat untuk mengetahui sejauh mana guru dapat menerapkan PAUD HI secara tepat. Hasilnya akan menjadi dasar tindak lanjut apa yang dibutuhkan, pembinaan, pendampingan, atau evaluasi. Karena meskipun bukan hal baru, belum semua guru juga sudah ‘mengunyah’ PAUD HI secara tepat.

Dengan kata lain, suksesnya penyelenggaraan PAUD HI juga harus didukung oleh guru yang memiliki pemahaman, pemikiran, serta aktualisasi diri yang sudah menyeluruh dan berkaitan satu dengan lainnya. Sehingga dapat dengan mudah menjadi agen perubahan yang nantinya akan memberikan layanan paripurna bagi peserta didik tercinta, anak usia dini Indonesia.