Program Kemitraan Menumbuhkan Sinergitas GTK PAUD dan Membangung Budaya Mutu Pendidikan

Spread the love

Tahun 2020 merupakan tahun pertama program peningkatan mutu dan pemerataan Pendidikan melalui Kemitraan GTK PAUD Kemdikbud dilaksanakan. Program ini melibatkan GTK PAUD Inti, GTK PAUD mitra dan GTK PAUD imbas. GTK PAUD inti adalah guru atau kepala sekolah TK/ Pengelola PAUD yang memiliki prestasi juara 1 s.d 5 pada lomba atau apresiasi berprestasi / berdedikasi di tingkat Nasional. GTK Mitra adalah guru atau kepala sekolah TK/ Pengelola PAUD  yang memiliki prestasi juara pada lomba atau apresiasi berprestasi / berdedikasi di tingkat Provinsi atau Kabupaten – Kota, dan GTK Mitra adalah  guru atau kepala sekolah TK / Pengelola PAUD yang ada di sekitar wilayah GTK Inti dan GTK Mitra baik di tingkat kecamatan  atau kabupaten -Kota.  Prinsip program Kemitraan (partnership) ini adalah untuk membangun budaya mutu Pendidikan, Kesetaraan (equality) antara peserta Inti, Mitra dan Imbas masing-masing memiliki peluang yang sama dalam peningkatan kompetensi dan kinerja sebagai GTK PAUD, serta adanya proses belajar (learning process) yang saling menguntungkan antara GTK PAUD Inti, GTK PAUD  Mitra dan GTK PAUD Imbas.

Program kemitraan secara teknis dimaksudkan untuk memotivasi, berbagi pengalaman, mengimbaskan, dan membangun keunggulan bersama antarguru dan tenaga kependidikan PAUD. Melalui program kemitraan ini diharapkan GTK PAUD yang sudah kompeten dan terbiasa melakukan layanan profesional dapat saling bertukar pengalaman melakukan layanan pembelajaran terbaik dengan GTK PAUD yang belum kompeten atau belum terbiasa memberikan layanan profesional. Pada akhirnya, program kemitraan akan bermuara pada peningkatan kualitas hasil belajar, terutama perbaikan masalah-masalah pembelajaran melalui peran guru dan tenaga kependidikan PAUD.

Kegiatan pada program kemitraan ini sangat variatif , dimulai dari pembekalan bagi GTK PAUD Inti dan GTK PAUD Mitra oleh fasilitator program kemitraan GTK PAUD Kemdikbud, membuat RTL (Rencana Tindak Lanjut ) untuk kegiatan OJL (On The Job Learning) dan kegiatan pengimbasan kepada GTK PAUD Imbas. Materi yang dibahas adalah materi yang sangat substansial bagi guru PAUD dan kepala sekolah TK / Pengelola PAUD sehingga sangat mudah difahami dan aplikatif. Kegiatan OJL merupakan kegiatan yang sangat ditunggu oleh GTK PAUD Inti dan GTK PAUD Mitra. Pada OJL 1 , GTK PAUD Mitra magang di Lembaga GTK PAUD Inti selama 1 minggu. Hal ini dimaksudkan agar lebih efektif dalam penerapan ilmu dan mudah dalam mengimplementasikannya. Karena GTK PAUD Mitra belajar bersama dengan GTK PAUD Inti di Lembaga GTK PAUD Inti berdasarkan jenis GTK PAUD nya , misalnya GTK PAUD Inti guru TK dengan GTK PAUD Mitra guru TK lagi, GTK PAUD Inti Guru KB dengan GTK Mitra Guru Mitra KB, atau GTK PAUD Kepala TK dengan GTK PAUD Mitra kepala TK dan GTK PAUD Inti Pengelola PAUD dengan GTK PAUD Mitra pengelola PAUD lagi. Sedangkan pada OJL 2 , GTK PAUD Inti akan langsung berkunjung dan sharing Bersama GTK PAUD Mitra di Lembaga GTK PAUD Mitra dan dihadiri juga oleh GTK PAUD Imbas sebagai bentuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan hasil magang di GTK PAUD Inti yang sekaligus dilaksanakan pengimbasan kepada GTK PAUD Imbas. Dalam hal ini fasilitator program kemitraan GTK PAUD Kemdikbud bertugas sebagai pendamping dan supervisor dalam pelaksanaan kegiatan OJL 1 dan OJL 2.

Banyak manfaat yang dirasakan oleh GTK PAUD setelah melaksanakan program kemitraan ini. Selain dirasakan oleh pribadi peserta, rekan sejawat baik guru atau kepala sekolah TK / pengelola PAUD,  juga dirasakan oleh Lembaga, peserta didik, orang tua murid dan masyarakat sekitar. Karena program ini bukan hanya teori semata, akan tetapi langsung dengan praktek / realisasi dari program-program yang sudah direncanakan sesuai dengan sosial budaya lingkungan masing – masing. Berbagai respon Bahagia, rasa puas dan senang dengan program ini diungkapkan pada fasilitator dan penyelenggara program kemitraan. Termasuk respon baik serta dukungan yang baik dari Dinas Pendidikan setempat dan Pembina teknis nya. Harapan besar program ini dapat terus dilaksanakan sesuai dengan program yang telah disampaikan oleh GTK PAUD Kemdikbud.

Namun demikian program kemitraan  ini masih belum optimal dilaksanakan, karena peningkatan dan pemerataan mutu GTK PAUD masih belum merata dan menjangkau seluruh pelosok nusantara. Karena GTK PAUD Inti belum merata di semua provinsi , sehingga masih ada beberapa provinsi yang belum mendapatkan manfaat dari program kemitraan ini. Apabila provinsi nya belum memiliki GTK PAUD Inti , maka otomatis di provinsi tersebut belum ada juga GTK PAUD Mitra dan GTK PAUD imbas nya. Oleh karena itu masih banyak rekan- rekan GTK PAUD yang membutuhkan sentuhan program kemitraan ini. Semoga program kemitraan ini bisa terus dilaksanakan dan muncullah GTK PAUD inti , GTK PAUD Mitra dan GTK PAUD Imbas di seluruh provinsi hingga menjangkau seluruh pelosok tanah air. Dengan demikian program peningkatan mutu dan pemerataan Pendidikan akan tercapai.

Penulis

Dr. Tjitji Wartisah,M.Pd

Kepala TK Negeri Pembina Kabupaten Bandung & Kepala TK Asmaul Husna Kec. Rancaekek Kab. Bandung