Percepatan Pencegahan Stunting

Spread the love

GTK PAUD – Palembang, tanggal 4-7 April 2021, Sekretaris Wakil Presiden bersama Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil/Stuntin (TP2AK), serta Kemendikbud melalui Direktorat GTK PAUD, menyelenggarakan Workshop Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pilot Project Pelatihan Guru PAUD Secara Daring dan Ujicoba Penginputan Data Pilot Project Ke Aplikasi Sim Diklat.

Dr. Pujiarto, yang mewakili Direktur GTK PAUD menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui efektivitas dukungan proses penyelenggaraan kegiatan pilot project Pelatihan Guru PAUD Desa secara online. “Serta untuk mendapatkan masukan dari berbagai macam unsur yang terlibat terhadap proses pelaksanaan kegiatan pilot project Pelatihan Guru PAUD Desa secara online, dan untuk ujicoba Penginputan Data Pilot Project Ke Aplikasi New Sim Diklat,” katanya.

Disampaikan pula, bahwa kegiatan yang berlangsung di Hotel Excelton, Palembang itu menghadirkan peserta sebanyak 114 orang dari berbagai unsur terkait baik secara offline maupun daring. Mereka adalah dari Sekretariat Wakil Presiden (13 orang); TP2AK Setwapres (10 orang); Direktorat GTK PAUD Kemendikbud (12 orang); serta dari Direktorat PSB Desa Pedesaan, Kemendes PDTT (2 orang), tim ECED INEY-World Bank.

Selain itu, juga menghadirkan perwakilan dari lima kabupaten/kota pilot projek Percepatan Pencegahan Stunting: Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Lombok Utara, dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dari kelima daerah tersebut yang dihadirkan meliputi 15 orang unsur dari Dinas pendidikan dan PMD, 35 orang perwakilan dari narasumber lokal (alumni PCP), dan 15 orang peserta pilot projek. Kegiatan ini juga mengundang peserta lokal dari Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin untuk mengikuti workshop sekaligus melakukan ujicoba Sim Diklat bersama kabupaten pilot project. Masing-masing daerah ini mengirimkan sebanyak 5 orang perwakilan dari unsur guru PAUD, Ormit dan perwakilan dinas pendidikan setempat.

Narasumber yang diterjunkan di ataranya: Dr. Ir. Suprayoga Hadi, MSP, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan; Direktur GTK PAUD, Dr. Santi Ambarrukmi M.Ed yang diwakili Dr. Pujiarto, Koordinator Kelompok Kerja Transformasi Kepemimpinan, Direktorat GTK PAUD; perwakilan Direktur GTK PAUD, Kemendikbud, Kepala PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Kepala PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah.***