Sekarang, mari kita lihat beberapa teknik pengelolaan kelas yang akan membuat keseluruhan proses menjadi lebih mudah bagi Anda.
- Buat kelas tetap tertarik: Siswa yang tertarik dengan materi bahwa apa yang terjadi di kelas akan cenderung tidak menimbulkan dan menyebabkan gangguan apa pun, karena perhatian mereka akan difokuskan pada pembelajaran mereka.
- Praktikkan keadilan: Jika Anda memiliki anak, Anda akan tahu bahwa mereka cenderung mudah cemburu. Selain itu, mereka dapat dengan mudah mendeteksi saat ketidakadilan terjadi. Sebagai seorang guru, Anda harus bersikap adil dan memastikan bahwa Anda menepati janji dan menindaklanjuti apa pun yang Anda janjikan.
- Berlatih humor: Menciptakan lingkungan yang positif di mana ada tawa dan kebahagiaan adalah kunci untuk membuat siswa tetap tertarik dan terlibat dalam pekerjaan mereka, dan lebih mungkin untuk mematuhi aturan apa pun.
- Jangan mengancam: Mengancam siswa dapat melemahkan kredibilitas guru di kelas. Berhati-hatilah saat Anda menggunakan ancaman, jika ada. Sebaliknya, cobalah untuk melatih penguatan positif.
- Memimpin dengan memberi contoh: Jika salah satu aturan Anda adalah meminta siswa datang ke kelas tepat waktu setiap hari, pastikan Anda sendiri mempraktikkan aturan yang sama itu. Jika Anda terlambat, maka Anda berisiko menjadi contoh yang buruk bagi siswa Anda.
- Jangan marah: Guru yang marah pada akhirnya akan kehilangan kredibilitasnya di kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang tidak menguntungkan bagi siswanya.
- Beri siswa kesempatan: Memberi siswa kendali atas hal-hal tertentu di kelas akan membuat mereka merasa dipercaya dan bertanggung jawab. Dengan menunjukkan kepada siswa bahwa Anda memiliki kepercayaan pada kemampuan mereka, mereka akan merasa bahwa manajemen dan aliran kelas secara keseluruhan juga tergantung pada mereka untuk dijunjung.
- Jangan mempermalukan: Merendahkan/Menghina siswa hanya akan menyebabkan guru kehilangan otoritas mereka di kelas dan berkontribusi pada kerusakan psikologis pada anak-anak, serta ketakutan dan kebencian.
- Waspada: Guru yang selalu menyadari apa yang terjadi di kelas mereka cenderung tidak memiliki kelas yang terkontrol dan terkelola. Pastikan untuk sering berpindah-pindah kelas dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan setiap siswa.
Siswa yang Bahagia = Kelas yang Efektif
Pengelolaan kelas sangat penting, tidak hanya untuk pemikiran seorang guru dan dalam memungkinkan mereka mengontrol kelas dengan tepat, tetapi juga penting untuk lingkungan belajar yang positif dan berkembang bagi siswa. Jika Anda ingin wawasan lebih jauh tentang metode pengelolaan kelas yang efektif, lihat kursus ini tentang cara mendorong kepatuhan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri siswa Anda, dan nantikan tahun ajaran yang bermanfaat dan produktif.
Oleh: Hendrayatna Prawiranegara
Referensi
Howes, C. and Smith, E. W. “Relations Among Child Care Quality, Teacher
Behavior, Children’s Play Activities, Emotional Security and Cognitive Activity
in Child Care.” In Early Childhood
Research Quarterly 10(4): 381-404,
1995.
Barbara Gross Davis.
2009. Tools For Teaching. Second Edition. Copyright
© 2009 by John Wiley & Sons, Inc. San Fransisco